Tutorial kali ini akan membahas mengenai IP CLoud yang sering mengalami gagal update, IP Cloud merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh mikrotik untuk pengguna ip dinamik khususnya, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga digunakan untuk penggunaan ip statik. Sekarang kita akan memberikan tutorial khusus yang bisa digunakan untuk update IP Cloud pada router mikrotik anda.

Diatas merupakan salah contoh ip cloud pada mesin mikrotik, karena penggunaan ip cloud di indonesia sangat banyak makanya server penyedia cloud tersebut sering kali mengalami gagal update domain untuk mesin router mikrotik kita. Sekarang kami memberikan sedikit script yang dimana kegunaannya untuk update ip cloud mesin mikrotik anda. Dibawah ini akan kami jelaskan berupa gambar dan script step by step.

Dari screenshoot diatas merupakan contoh dari schedule mikrotik dan script mikrotik yang digunakan untuk update dns pada mesin mirkrotik kita, aga ip cloud mikrotik dapat update domain sesuai dengan ip publik dinamik kita. dan berikut dibawa ini merupakan script dari contoh gambar diatas.

Copy paste script dibawah ini pada mesin terminal mikrotik anda.

/system scheduler
add interval=5m name=CLOUD on-event=IP_CLOUD policy=\
ftp,reboot,read,write,policy,test,password,sniff,sensitive start-date=\
jun/06/2016 start-time=00:00:00

/system script
add name=IP_CLOUD owner=Hendra policy=\
ftp,reboot,read,write,policy,test,password,sniff,sensitive source=\
“/ip cloud\r\
\nforce-update”

Untuk penggunaan script diatas harus disesuaikan dengan keadaan pada mesin mikrotik anda. Semoga saja tutorial kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua serta dapat mencerdaskan anak bangsa, untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan komentar yang baik serta dapat bermanfaat untuk masukan kita semua. Terima kasih salam hangat dari kami, sigernetwork.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*